farfromfearless

khutbah jumatan 24 juni 2011

  • Posted: June 18, 2011
  • |
  • Author: riandragon89
  • |
  • Filed under: Khutbah Jumatan
  • |
  • Tags: No tags set for this entry.

Materi 5 :

Ibadah Saja Tidak Akan Mengubah Hidup Anda

Sering ditemui banyak orang mengeluh mengenai kondisi mereka yg tidak berubah. Dalam keluhannya, mereka mengatakan,”Saya sudah ibadah [silakan isi ibadah di agama Islam, seperti sholat, haji, dst] tapi mengapa kehidupan saya tidak ada perubahan ya?”
Pada kesempatan lain, ada juga yg mengatakan bahwa dirinya sudah banyak tahajud tapi kenapa saya belum bertemu dengan jodoh saya ya? Atau kenapa saya gagal dalam ujian ya? Atau banyak hal2 ‘menderita’ lain yg mereka alami walau mereka banyak beribadah.
Saya melihat ada kesalahpahaman atau bisa dibilang ketidakmengertian kaum muslim mengenai ibadah. Banyak dari mereka yg menganggap dengan beribadah, maka tujuan kita PASTI tercapai!
Lebih ironis lagi jika ada yg menyebut bahwa ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA TIDAK ADIL karena orang2 kafir, yg jelas2 tdk beribadah pada-Nya, mendapat rejeki dan kekayaan yg berlimpah, sementara kaum muslim yg sudah berdoa dan beribadah sedemikian rupa, justru tidak mendapat apapun!
Ini adalah KESALAHAN BESAR!
ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA TIDAK PERNAH, sekali lagi, TIDAK PERNAH menjanjikan bahwa orang yg beribadah akan mendapatkan kesuksesan begitu saja! Ibadah adalah PELENGKAP DARI IKHTIAR yg kita lakukan! Silakan anda cari di Al Qur’an, ayat mana yg menyatakan bahwa seorang hamba yg beribadah (sangat) rajin akan mendapat sekarung emas yg turun dari langit?
Saya yakin tidak akan anda temukan!
Justru anda akan temukan perintah ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA agar manusia (ikhtiar) mencari rejeki di muka bumi dengan ayat-Nya,“Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Al Jumu’ah(62):10)
Bahkan pada satu kisah disebutkan Umar memarahi seorang pemuda yang berdoa sepanjang hari dalam masjid meminta rezeki namun tidak pergi ke pasar untuk berikhtiar mencari rezki yang dimintanya itu.
Lebih jauh lagi, ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA berfirman,“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Ar Ra’d(13):11)
Jadi, bagi anda yg menginginkan punya jodoh, ikhtiarlah dengan mencari jodoh di berbagai tempat yg baik. Janganlah membatasi atau mengatakan jodoh anda tidak ditemukan sementara anda sendiri ikhtiarnya kurang maksimal.
Atau anda ingin punya kekayaan sekian ratus juta, tapi anda hanya tahajud dan berdoa saja tanpa kerja, jelas itu hal yg mustahil!
Apa kesimpulannya? Untuk mencapai tujuan anda, apapun itu, ikhtiarlah maksimal dan iringi dengan doa terbaik yg anda panjatkan pada-Nya. Jika anda belum mendapat apa yg anda minta, padahal ikhtiar dan doa sudah maksimal, pasrahkan hasilnya pada-Nya, karena sesungguhnya ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA tahu yg terbaik untuk anda.
Semoga berguna dan semakin memotivasi kita semua utk ikhtiar dan doa maksimal.

No comments as yet.

Anonymous - Gravatar

No comments have yet been made to this posting.

Commentors on this Post-

Leave a Comment-

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). All line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. Keep it PG-13 people!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong>

All fields marked with "*" are required.