farfromfearless

Feature : – Etika bersocial network

  • Posted: December 25, 2010
  • |
  • Author: riandragon89
  • |
  • Filed under: Islam
  • |
  • Tags: No tags set for this entry.

Iconers, Akhir-akhir ini marak kasus-kasus yang melibatkan Facebook. Yup , situs jejaring sosial ini menjadi gerbang bagi berbagai kejadian yang tidak mengenakkan. Sebelumnya twitter juga telah menjadi salah satu kasus yang sempat mencuat ke permukaan, seperti kasusnya Luna Maya, yang mengatakan wartawan tidak lebih sebagai *sensored*. Kemudian sebelumnya juga, media email menjadi salah satu kasus terbesar antara perseteruan seorang ibu dengan pihak rumah sakit (Prita vs RS Omni). Telah banyak versi how-to dalam masalah berinternet. Bahkan katanya sekarang pelajaran-pelajaran komputer di sekolah juga mulai diajarkan cara beretika dalam berinternet. Dalam masalah ini Jika Iconers ingin menelusuri dan mau memahami fungsi dari situs jejaring sosial maka tentu saja mereka akan bisa menerapkan etika ini ketika mereka terjun ke dunia maya.
Iconers ingin tau etika etika dalam berselancar didunia Maya, biar tidak terjerat kasus seperti diatas.
1. Setting privacy Iconers pada teman teman tertentu, jika Iconers tidak ingin orang lain melihat penulisan ataupun foto fan video yang Iconers buat.
2. Setting hanya orang-orang tertentu yang bisa mengikuti perkembangan status Iconers.
3. Blok orang-orang yang berbau spam karena di dunia maya banyak sekali para hacker rusak yang ingin menghancurkan satu per satu account milik orang lain..
4. Jangan pernah mengklik “reset password” atau “change your password” dari situs yang bukan situs resmi jejaring sosial apabila Iconers sudah menjadi membernya dan mendapatkan email seperti itu, sebab hal itu adalah salah satu cara sniffing (kegiatan menyadap dan/atau menginspeksi paket data)
5. Jangan pernah menjalin hubungan cinta lewat internet. Sebab di internet siapapun bisa jadi siapa saja. Ada pepatah yang bilang, “In the internet everyone don’t know you, even you are a dog”
6. Nah ini dia Iconers yang harus harus dihindari, Jangan pernah menghina seseorang ataupun lembaga tertentu dan statusnya Iconers biarkan seluruh orang melihatnya. Jangan pernah mengejek bahkan bergurau, karena Yang sudah kita ketahui bahwa hukum di Indonesia akan menganggap hal-hal yang gurauan tanpa keterangan adalah hal yang serius, apalagi pasal pencemaran nama baik sangat menjerat siapapun yang bilang, “KATA KATA KASAR!” di status mereka.
7. Iconers harus pintar memilih milih waktu berselancar di dunia maya, Selalu tanamkan di diri Iconers tentang keimanan, dan manfaat internet, dan berinternet ketika ada perlu. Sebab ada orang yang berinternet karena tidak ada keperluan apapun ini merupakan tindakan yang buang buang waktu.

Iconers, Tau ga Apa latar belakang, maksud, tujuan, orang buat status di FB atau pun di jejaring social lainya. Pasti orang menginginkan eksistensi nya dalam dunia tersebut, Ingin orang lain tau dia sedang apa diluar sana, Contoh (Ehhmm mau ke puncak nich ada meeting, bagus nya pakai baju apa ya?), itu sah sah saja namun harus di batasi karena ada hal yang jika dilihat dari sisi social akan menyebabkan orang memIconersng Iconers sebagai ALAY alias anak layangan yang setiap saat update status tidak jelas maksudnya apa. Buatlah status yang tidak membuat Iconers menjadi malu maluin diri sendiri.

Iconers Tau ga Bahaya riya, sombong, dan lain-lain di balik status yang Iconers Buat jika tidak sesuai dengan etika etika yang ada? Riya itu samar, Sungguh benar sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bahwasanya riya itu samar sehingga terkadang menimpa seseorang padahal ia menyangka bahwa ia telah melakukan yang sebaik-baiknya. Bisa saja Iconers menganggap kalo status yang IConers buat itu biasa biasa saja, Contoh nya (“Otw ke Paris ..!!”, “BMW ku sayang, saatnya kamu mandi..aku mandiin ya sayang..”, …. dsb..) mungkin niat nya mau memberitahukan dirinya lagi perjalanan ke paris, tp kalo status nya seperti diatas, apa orang tidak akan beranggapan lain. Oke Iconers terakhir dari saya, perhatikan etika etika dalam berselancar didunia maya kalo ga mau nasib nya seperti artis artis dan korban diatas, jagalah status mu, karena status mu harimau mu.

No comments as yet.

Anonymous - Gravatar

No comments have yet been made to this posting.

Commentors on this Post-

Leave a Comment-

Comment Guidelines: Basic XHTML is allowed (a href, strong, em, code). All line breaks and paragraphs are automatically generated. Off-topic or inappropriate comments will be edited or deleted. Email addresses will never be published. Keep it PG-13 people!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong>

All fields marked with "*" are required.